Cinderamata Berharga

IMG20160104064052

Sewaktu jalan-jalan ke toko buku Gramedia beberapa waktu lalu, saya lumayan terkejut melihat banyak buku dibandrol dengan harga yang cukup mahal, apalagi di tengah serbuan ebook dan gencarnya informasi dan bacaan digital. Mungkin hal itu wajar mengingat harga kertas yang tinggi, biaya produksi dan distribusi yang tinggi, dan termasuk juga royalti kepada penulis. Namun di balik mahalnya harga buku ada pesan bahwa buku kertas masih (sangat) prospek; sekaligus juga menepis bahwa ebook akan menggantikan buku kertas.

Menurut saya, ada satu hal yang membuat buku kertas begitu berharga dan tidak akan mungkin digantikan ebook, yaitu saat ini buku kertas lebih dari sekedar bacaan, seperti peribahasa bilang:

Buku itu bukan untuk dipajang. Tapi, tidak ada pajangan yang yang lebih bagus dari buku.

Buku adalah cinderamata dari penulisnya, apalagi jika penulisnya adalah seorang figur terkenal. Dan nilai buku pun akan meningkat ketika mendapat penghargaan dan difilmkan. Meskipun demikian, saya lebih membaca buku yang berkualitas. Ada kualitas ada harga, begitu kata pepatah. Buku yang ditulis Profesor Hadi Susanto, Tuhan Pasti Ahli Matematika, layak dibandrol mahal karena memang isinya sangat berkualitas. Dulu saya membeli buku The Remains of The Day, diterjemahkan dan diterbitkan Penerbit Hikmah, karena terjemahannya yang bagus, di samping karena faktor penulisnya, Kazuo Ishiguro. Untuk alasan yang sama saya pernah beberapa kali membeli Life of Pi, Insiden Tengah Malam Yang Bikin Penasaran, Brokeback Mountain, Mimpi-mimpi Einstein, Penerjemah Luka. Bagi saya buku-buku itu penting untuk dipelajari sehingga saya merasa harus memilikinya dan harus dibeli lagi ketika hilang.

 

 

Tentang Ali Reza

Cool, Calm, and Confidence
Pos ini dipublikasikan di Serba-Serbi dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

