Plagiat atau Kebetulan

 

maxlife-nov23

Beberapa waktu lalu cerpen saya Anak Kesayangan ditolak dengan alasan pernah ada naskah serupa yang sudah terbit, dan saya mungkin tidak akan mengirimkannya ke media lain. Anak Kesayangan dibuat sekitar enam tahun lalu dan saya belum pernah membaca tulisan yang serupa, jadi saya tidak merasa cerpen saya merupakan plagiat.

Berbeda dengan novel Life of Pi yang memiliki kesamaan dengan novela “Max and The Cats”,  karya Moacyr Scliar. Saya suka Life of Pi dan tidak mengatakan novel itu merupakan hasil plagiat. Tapi Yann Martel, penulis Life of Pi, pernah berterima kasih kepada Moacyr Scliar meskipun dia waktu itu mengatakan belum pernah membacanya kecuali pernah membaca review novela tersebut yang ditulis John Updike di The New York Times Book ReviewAnehnya, John tidak pernah menulis review kisah tersebut, kecuali satu-satunya review mengenai Max and The Cats di The Times ditulis oleh Herbert Mitgang.

Memiliki ide yang sama bisa jadi sebuah kebetulan. Ide itu bertebaran di atas kepala kita; ada yang melihatnya atau mendengarnya, sedangkan tugas kita adalah menangkapnya. Seperti cerita Harry Potter mungkin pernah ada di pikiran sebagian orang, tapi akhirnya JK Rowling-lah yang berhasil menangkapnya.

Menulis itu proses kreatif dan cara kita menuangkan ide pastinya berbeda dengan orang lain. Bahkan seorang penulis pasti akan menghasilkan tulisan berbeda jika dia menulis cerita yang sama dua kali. Jadi tidak ada alasan bagi kita berhenti menulis karena takut dikatakan plagiat.

 

Iklan

Tentang Ali Reza

Cool, Calm, and Confidence
Pos ini dipublikasikan di Menulis, Serba-Serbi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s