Di Manakah Rasa Syukur Itu?

1

 

Pagi ini TV One mewawancarai seorang penjual warung di Kali Jodo. Si penjual, yang sudah tinggal di sana sejak 1993, mengaku mendapat penghasilan sekitar 2-3 juta/hari. Omset sebesar itu menurut saya wajar karena Kali Jodo daerah ramai dan ibu itu membuka warung dengan omset terbesar dari makanan. Sebagai perbandingan, di komplek perumahan saya tinggal saja tukang gado-gado bisa mendapat omset sampai 1 juta/hari. Apabila dihitung selama 10 tahun terakhir berjualan, maka dia setidaknya sudah mendapat lebih dari 720 juta. Dengan jumlah itu seharusnya dia bisa menyekolahkannya anak2nya hingga sampai perguruan tinggi dan bahkan naik haji. Tapi apa yang terjadi, ibu itu masih mencemaskan masa depannya yang sebentar lagi harus angkat kaki dari Kali Jodo.

Ibu itu sama dengan tukang gado-gado yang saya sebut tadi atau pedagang lain dengan omset besar namun masih mengeluh kekurangan rejeki. Mereka juga sering terlambat sholat berjamaah atau bahkan tidak sholat sama sekali.

Berbeda dengan mereka yang profilnya pernah saya baca di facebook; mereka yang bisa naik haji atau berkurban meski penghasilan mereka sedikit. Mereka jarang sekali mengeluh, dan malah lebih banyak tersenyum dan memberi.

Tentu saja kita sama-sama tahu letak perbedaan keduanya, yaitu bersyukur.

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku),maka pasti azab-Ku sangat berat.”(QS.ibrahim [14]:)

 

Drawing a Blank

 

Iklan

Tentang Ali Reza

Cool, Calm, and Confidence
Pos ini dipublikasikan di Islam, Serba-Serbi dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Di Manakah Rasa Syukur Itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s